8 Tempat Wisata di Palembang yang Harus kamu Kunjungi - Rekomendasi Objek WIsata Palembang

Advertisement
Bagi Anda yang sedang berkunjung ke kota Palembang, atau bagi Anda masyarakat Palembang yang ingin menghabiskan liburan bersama keluarga, berikut ini akan kami bagikan 8 tempat wisata di Palembang yang layak dan harus kamu kunjungi. Seperti daerah lainnya di Indonesia, Palembang juga mempunyai objek wisata yang bagus.

Rekomendasi 8 Tempat Wisata di Palembang

1. Jembatan Ampera.
Ini merupakan ikon kota Palembang. Sebuah jembatan super besar yang membentang di Sungai Musi, sungai terbesar di Provinsi Sumatera Selatan. Nama Ampera sendiri berarti Amanat Penderitaan Rakyat yang memang dibangun dengan hasil kerja keras dan uang warga Sumatera Selatan. Dahulu, jembatan Ampera ini bisa di buka dan ditutup untuk membiarkan kapal besar lewat. Namun seiring usia Ampera yang semakin tua, saat ini tidak bisa lagi dibuka tutup seperti dulu.

Total panjang Ampera adalah 1.117 meter dan lebar 22 meter. Saat shalat idul fitri maupun idul Adha, biasanya masyarakat bahkan shalat di jembatan Ampera ini. Jalan di portal supaya kendaraan tidak bisa masuk. Memang jembatan Ampera sendiri berada tepat di dekat masjid Agung Palembang (masjid agung Sultan Badaruddin), masjid utama yang ada di Kota Palembang.

gambar tempat wisata di Palembang 1

Ampera diresmikan presiden Soekarno pada tahun 1965 dan merupakan jembatan terbesar di Asia Tenggara. Didekat Ampera juga ada benteng kuto besak yang merupakan benteng kesultanan Palembang untuk menghalau serangan Belanda pada masa penjajahan dulu, serta ada museum sejarah Sultan Mahmud Badaruddin II. Di Benteng Kuto Besak ini juga sering diadakan pertunjukan ataupun konser musik.

Bagi yang hobi berbelanja juga bisa dapat menjangkau dengan mudah pasar 16 ilir yang memang terletak sangat dekat dengan jembatan Ampera ini. Pasar 16 ilir sendiri merupakan pasar terbesar yang ada di Sumatera Selatan dan merupakan pusat perdagangan di provinsi tsb.

2. Pulau Kemaro.
gambar tempat wisata di Palembang 2

Ada sebuah pulau kecil di tengah Sungai Musi yang sering dikunjungi para wisatawan, baik lokal maupun asing. Pulau tsb bernama Pulau Kemaro. Dinamakau pulau Kemaro (dari asal kata kemarau) karena walaupun berada ditengah sungai tapi pulau tsb tidak pernah banjir. Setelah mengunjungi jembatan Ampera, wisatawan biasanya mengunjungi pulau Kemaro ini karena letaknya memang terbilang cukup dekat, lebih kurang 30 menit dari Ampera dengan menggunakan perahu yang bisa disewa dari warga setempat.

Di Pulau Kemaro ada Pagoda 6 lantai dan klenteng berwarna merah, khas budaya China. Juga ada pohon cinta dan makam putri Raja Palembang yaitu Siti Fatimah. 

3. Taman Hutan Wisata Punti Kayu.
gambar tempat wisata di Palembang 3

Di Kilometer 7 dari pusat kota Palembang, ada sebuah hutan wisata bernama Punti Kayu. Punti Kayu berisi sebagian besar pohon pinus. Didalamnya ada cukup banyak tempat makan dan minum yang bisa ditemui, juga ada beberapa hewan menarik seperti monyet, buaya, gajah, ular, dll. Hutan dengan luas lebih kurang 50 hektar ini juga menghadirkan berbagai atraksi menarik dan sarana rekreasi lainnya. Harga tiket masuk cukup terjangkau yaitu 5 ribu rupiah per orang.

4. Air Terjun Lematang Indah dan Gunung Dempo di Pagar Alam
gambar tempat wisata di Palembang 4

Jika sebelumnya kita berada di pusat kota Palembang, kali ini kita harus berkendaraan lagi ke sebuah daerah dataran tinggi, tepatnya di kota Pagar Alam. Ada sebuah air terjun dengan ketinggian kurang lebih 40 kilometer. Nama air terjun tsb adalah air terjun Lematang Indah. Yang menarik bukan sekedar air terjun nya saja tapi panorama perbukitan yang asri dan sangat sejuk.

Kota Pagar alam sendiri berjarak lebih kurang 6 – 7 jam perjalanan dari kota Palembang. Sebuah jarak yang tidak dekat memang bahkan bisa dikatakan sangat melelahkan. Namun daerah Pagar Alam memang maskotnya daerah dataran tinggi yang ada di Sumater Selatan. Pemandangan yang di jumpai sepanjang perjalanan, tepatnya sejak berada di kabupaten Lahat sampai ke Pagar Alam, Memang sangat berbeda dengan yang bisa dijumpai di Kota Palembang yang panas.

Rute yang harus ditempuh untuk sampai ke kota Pagar Alam yaitu dari kota Palembang lalu ke kab. Ogan Ilir (inderalaya) -> kota Prabumulih -> kab. Muara Enim -> kab. Lahat -> lalu sampai ke kota Pagar Alam. Kota Pagar Alam sendiri dahulu memang merupakan wilayah kab. Lahat namun akhirnya pisah dan menjadi daerah tersendiri. Di Inderalaya, Ogan Ilir, Anda bisa juga mampir sebentar ke Universitas Sriwijaya. Sebuah perguruan tinggi Negeri satu-satunya di Sumatera Selatan, dan menjadi kebanggaan masyarakat Palembang dengan luas wilayah perguruan tinggi terbesar se-Asia Tenggara.

Air terjun Lematang Indah sangat mudah ditemukan karena berada dekat dengan jalan utama. Jika Anda hendak ke gunung Dempo pasti akan melewati air terjun ini. 

gambar tempat wisata di Palembang 5
Gunung Dempo merupakan tempat Wisata Palembang selanjutnya. Merupakan gunung tertinggi di provinsi Sumatera Selatan (tinggi 3.195 meter diatas permukaan air laut), dan satu-satunya tempat di provinsi tsb yang menyajikan pemandangan kebun teh nan luas. Puncak Gunung Dempo ini juga biasa dijadikan para pecinta alam untuk aktifitas naik gunung.

Bagi Anda yang membutuhkan mobil travel untuk ke tempat wisata yang ada di Palembang, misalnya ke Pagar Alam, Lahat, dsb, Anda bisa menggunakan jasa Saga Travel. Jasa perjalanan ini kami rekomendasikan, dan apabila Anda tertarik, dapat memesan melalui pesan order di halaman facebook kami disini.

Anda juga bisa merasakan suasana khas Pagar Alam dengan menyewa villa disana. Villa tsb berada tepat di daerah kebun teh, dekat puncak gunung Dempo. Bila malam hari Anda bisa menyaksikan gemerlap lampu kota Pagar Alam dari atas.

5. Air Terjun Bidadari di kab. Lahat.
gambar tempat wisata di Palembang 6

Sebelum sampai ke kota Pagar Alam, tak ada salahnya berkunjung ke air terjun juga tapi kali ini ada di kabupaten Lahat, tepatnya di desa Karang Dalam, kecamatan Pulau Pinang. Air terjun tsb bernama air terjun Bidadari. Dinamakan seperti itu karena tempat nya sangat indah seperti tempat mandi nya para bidadari. Jaraknya lebih kurang 8 kilometer dari pusat kota kab. Lahat. Selain air terjun Bidadari, di lokasi ini juga ada air terjun Bujang Gadis, air terjun Sumbing, dan air terjun Naga.

6. Goa Putri di Baturaja, Ogan Komering Ulu.
gambar tempat wisata di Palembang 9

Kalau tadi kita ke Pagar Alam kali ini ke Baturaja. Rute yang ditempuh yaitu dari kota Palembang lalu ke kab. Ogan Ilir -> kab. Ogan Komering Ilir -> lalu Baturaja. Jarak yang ditempuh adalah sekitar 5 jam. Lalu 1 jam dari Baturaja ke Desa Padang Bindu, lokasi Goa Putri tsb.

Dari namanya bisa ditebak kalau objek wisata satu ini berbentuk gua. Dinamakan Gua putri karena terdapat patung wanita yang dipercaya merupakan seorang putri. Di gua putri ini juga bisa ditemukan air terjun. Nah, bagi yang gemar dengan batu akik, Baturaja juga pusatnya batu akik loh, terutama jenis batu akik kecubung.

7. Candi Bumi Ayu di kab. PALI
gambar tempat wisata di Palembang 7

Jika diatas tadi kebanyakan wisata alam, kali ini selain benteng kuto besak dan musem sultan mahmud Badarudin II, ada pula sebuah wisata sejarah berupa komplek candi yang berada di desa Bumi Ayu, kab. PALI (Penukal Abab Lematang Ilir). Candi Bumi Ayu merupakan candi Hindu aliran Siwa. Merupakan candi agama Hindu terbesar diluar pulau Jawa. Untuk sampai ke tempat ini, terlebih dahulu Anda harus datang ke kec. Belimbing, kab. Muara Enim.

1 jam sebelum sampai ke pusat kota di kab. Muara enim (jika Anda pergi dari kota Palembang), ada sebuah kecamatan bernama kecamatan Belimbing. Ada simpang tiga yang disebut simpang Belimbing. Masuk ke jalan simpang Belimbing tersebut lalu ke Desa Bulang kemudian terus ke Desa Candi Bumi Ayu.

8. Kebun Kopi di Semendo, kab. Muara Enim.
gambar tempat wisata di Palembang 8

Objek wisata terakhir yang dapat kami bahas adalah kebun kopi warga setempat di daerah Semendo, kab. Muara Enim. Kopi Semendo sangat terkenal dan merupakan pusat penghasil kopi di provinsi Sumatera Selatan. Kebanyakan kopi yang ditanam berjenis Robusta. 

Untuk mencapai daerah Semendo ini Anda harus ke kabupaten Lahat terlebih dahulu lalu ke kecamatan Semende Darat Laut/Pulau Panggung, Muara Enim. Atau bisa juga lewat kec. Tanjung Enim, kab. Muara enim langsung ke kec. Semende darat Laut/ Pulau Panggung, kab. Muara Enim.

Semendo atau semende dalam logat masyarakat setempat merupakan sebuah suku dengan budaya dan adat-istiadat tersendiri. Daerah semendo sebagin besar berupa perbukitan karena berada di jalur bukit barisan, sama seperti gunung Dempo. Daerah nya sangat sejuk, kalau malam tubuh kita akan menggigil jika tidak memakai jaket ataupun selimut tebal. Disepanjang jalan daerah Semendo ini bisa kita jumpai perkebunan kopi masyarakat setempat.

Jika Anda berminat merasakan kopi asli asal Semendo, silahkan gabung ke halaman facebook kami lalu tinggalkan pesan order Anda. Anda juga bisa mengorder kopi luwak khas Semendo.

Pembaca sekalian, jika dikaji secara mendalam maka tidak akan ada habisnya tempat wisata di Palembang yang bisa kita temui. Namun dari sekian banyak yang ada, kami pilihkan yang paling populer dan hasilnya adalah 8 daftar tempat wisata di Palembang seperti diatas. Mudah-mudahan tulisan kami ini dapat membantu Anda yang tengah merencanakan liburan di kota Pempek Palembang tsb.

Terimakasih & Salam,